29
May
08

Pengumuman PPA, BBM

Walau terlambat dari jadwal yang telah ditentukan, pengumuman Beasiswa PPA dan BBM dapat dilihat pada tanggal 27 Mei 2008 di Mading Mahalum.

Tentu saja ada banyak kegembiraan dari para mahasiswa FKM yang dinyatakan mendapat beasiswa tersebut, namun ada pula kekecewaan bagi yang mengalami sebaliknya. Walau telah memberikan penjelasan tentang proses seleksi yang ditempel bersama dengan daftar nama, Mahalum banyak menerima pertanyaan tentang proses seleksi dan alasan penolakan sejak pengumuman dikeluarkan.

Terhadap mahasiswa yang bertanya kami mohon maaf bila tidak dapat memberikan penjelasan untuk tiap-tiap orangnya karena hal tersebut akan memakan waktu  cukup lama. Kami harus mencari, membuka file, dan mencocokkan data scoring sebelum memberikan jawaban yang diminta. Belum lagi bila dilanjutkan dengan ‘obrolan’ yang mungkin tidak sebentar. Di satu sisi kami ingin sekali menjawab semua pertanyaan yang ada, namun dengan keterbatasan SDM (1 staf only) dan deadline beberapa pekerjaan termasuk diantaranya pelaporan hasil seleksi ke UI, membuat kami harus memilih T_T

Nah, menjawab rasa penasaran, berikut kami sampaikan ‘di belakang layar’ proses seleksi Beasiswa PPA dan BBM FKM UI:

  1. Jumlah mahasiswa FKM yang mendaftar Beasiswa PPA BBM sebanyak 234 orang yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2005, 2006, dan 2007, baik pendaftar baru maupun mahasiswa yang telah mendapatkan kedua beasiswa tersebut tahun lalu.
  2. Kuota yang ditetapkan oleh UI untuk FKM adalah 147: 80 PPA dan 67 BBM.
  3. Besarnya peminat membuat kami harus sangat selektif dalam memilih, dan keterbatasan SDM membuat kami harus menempuh cara yang efisien dan efektif. Untuk itu kami terpaksa menghapuskan wawancara sebagai salah satu rangkaian proses seleksi. Dept. Kesma BEM menawarkan bantuan untuk menjadi pewawancara, dan kami berterima kasih untuk itu. Namun, tawaran tersebut harus kami tolak mengingat staf Dept. Kesma terdiri dari angkatan 2006 dan 2007 di mana sebagian besar pelamar adalah mahasiswa dua angkatan tersebut. Selain itu tidak menutup kemungkinan beberapa staf Kesma mendaftar pula untuk beasiswa ini. Semua mendapatkan perlakuan yang sama, terlepas pernah mendapatkan atau baru mendaftar.
  4. Tahap pertama seleksi adalah seleksi berkas. Mahasiswa dengan berkas tidak lengkap otomatis tidak disertakan dalam proses berikutnya. Hal ini juga telah dicantumkan dalam syarat PPA BBM. 43 orang kemudian diketahui tidak memenuhi semua persyaratan, terutama SKTM. Kondisinya tentu berbeda-beda, ya. Ada SKTM yang telah kadaluarsa alias masih bertahun 2005 – 2007, ada Surat Keterangan Warga biasa, ada SKTM buat sendiri, ada pula SKTM yang tidak bisa dimintakan ke instansi setempat karena memang tidak layak dapat bila mengacu pada penghasilan orang tua.
  5. Pertanyaan yang mampir ke kami kemudian adalah “SKTM perlu, ya? Secara tahun lalu ga pakai gitu-gituan”. Persyaratan beasiswa tidak harus selalu sama dari tahun ke tahun seperti halnya tidak ada jaminan yang mendapat beasiswa tahun lalu akan mendapatkan lagi tahun ini. Penambahan atau pengurangan sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu yang terbaik adalah melengkapi semua persyaratan sesuai yang diminta. Karena persyaratan PPA dan BBM hampir sama (PPA juga dilihat dari prestasinya), maka SKTM menjadi perlu.
  6. Setelah selesai seleksi berkas, kami mulai menginput data dan mengkategorikan CV. CV dikategorikan berdasarkan jenis beasiswa yang dilamar, jumlah beasiswa yang didapat, penghasilan orang tua, jumlah tanggungan, dan IPK.
  7. Sistem scoring kemudian dilakukan. Data yang diinput diolah menggunakan SPSS guna mendapatkan score akhir yang memudahkan sistem seleksi. Semakin besar angka yang didapatkan oleh seorang mahasiswa, semakin besar peluang mendapatkan beasiswa.
  8. Walau sistem scoring telah ditetapkan, namun tidak menutup adanya kekeliruan. Untuk itu kami mengadakan telaah CV, mecocokkan berkas yang telah dipisah-pisahkan dengan hasil scoring dan melakukan diskusi terbatas dengan Kadep. Kesma BEM.
  9. Dari proses tersebut ‘bongkar pasang’ pun tak dapat dihindarkan. Beberapa mahasiswa yang mendaftar BBM dipindah ke PPA karena IPK-nya yang memuaskan, demikian pula sebaliknya. Beberapa mahasiswa yang tidak lulus scoring dimasukkan dalam daftar penerima karena CV dan kondisi di lapangan menunjukkan sebaliknya. Bila menemukan dilema karena adanya persamaan kondisi ekonomi antara 2 mahasiswa, kami menilik prestasi, asal mahasiswa bersangkutan, dan lain sebagainya sehingga diperoleh hasil akhir sebagaimana tertera dalam pengumuman.

Kami menyadari bahwa beasiswa merupakan hal yang sangat berarti bagi kelangsungan studi seorang mahasiswa dan kami berupaya optimal untuk dapat memberikan yang terbaik walau kelemahan masih dapat ditemukan. Kami berharap kegagalan dalam mendapatkan beasiswa ini tidak melemahkan semangat karena masih banyak kesempatan mengejar beasiswa lain.  Beasiswa untuk mahasiswa S1 Reguler sangat banyak yang dapat dilihat dari peningkatan jumlah nominal dan penerima yang cukup signifikan tiap tahunnya. Oleh karena itu, semangat ya!


7 Responses to “Pengumuman PPA, BBM”


  1. 1 Chusnul
    May 30, 2008 at 2:15 am

    Assalamu’alaikum . . . .
    Hiks. . . Hiks. . .

    Mbak Dian, akun sedih nggak dapat beasiswa BBM.
    Aku nggak tau klo SkTM-nya harus yang terbaru. jadi aku pake yang tahun 2007.
    Karena pembuatan SkTM di tempatku lama butuh waktu lebih dari 3 hari dan waktu itu aku baru tahu H-3 pengumpulan berkas dan aku panik karena minggu itu minggunya tugas bertumpuks. . . .

    Mbak dian aku lebih seneng sistem yang kayak dulu. Ada wa2ncaranya jadi kan bisa tau man yang benar2 membutuhkan.

    Tidaaaaaaaak. . . . . . .

    Ya Allah semoga aku ikhlas. Amieen

    Mbak Dian, klo ada info beasiswa beritau ya ! ! ! ! !

  2. 2 mahalumfkmui
    May 30, 2008 at 4:04 am

    Wa’alaikumussalam Wr.Wb

    Aduh chusnul, ikhlasin dong, insya Allah masih banyak beasiswa untuk chusnul n_n
    Makanya sering-sering tengokin mading atau blog ini ya biar engga terbirit-birit mempersiapkan semuanya.

    Aku juga lebih suka ada wawancara, suer deh. Doain supaya ada tambahan staf di Mahalum ya n_n

  3. 3 mahasiswafkmui
    May 30, 2008 at 4:05 am

    Pertanyaan yang belum terjawab, adalah apakah anda yakin dengan sistem yang anda pakai akan tepat sasaran, yang saya lihat adalah pertama yaitu seleksi berkas, yang jadi permasalahan adalah SKTM, Semua juga tahu kalau SKTM itu gampang diperoleh dengan ‘biaya’ 20-50 ribu rupiah kita bisa mendapatkan SKTM dengan mudah. Akhirnya kekhawatiran saya terbukti, setelah saya melihat daftar penerima beasiswa tersebut adalah: ada yang secara ekonomi berkecukupan bahkan lebih, sebagai contoh, dia memiliki mobil, bahakan banyak penerima beasiswa tersebut memakai HP n*k*a seri N. apakah anda telah mengkroscek dengan penghasilan orang tuanya??
    memang kalau dilihat dari prestasi dia pantas mendapatkannya, yang jadi masalah adalah, ketika saya baca persyaratan tersebut TERTULIS SKTM. ckckckck.

    Setelah saya coba tanya bagaimana cara mendapatkan SKTM tersebut, tanpa curiga dia menjawab: gampang kali tinggal kasih ‘biaya’ tertentu langsung dapat..

    tolong penjelasannya..

  4. 4 mahalumfkmui
    May 30, 2008 at 4:49 am

    Tepat sasaran adalah harapan kami juga sebagaimana anda tentu menginginkan hal tersebut. Kami selalu melakukan kroscek penghasilan dengan mengacu pada slip dan CV di mana tertera pula jumlah tanggungan.

    Adanya kebocoran sistem dalam proses seleksi tidak dapat dihindarkan karena kami tidak bisa mengontrol kejujuran seorang mahasiswa bahkan lewat wawancara sekalipun n_n

    Nah, bagaimana mahasiswa FKM yang lain?
    Jadi ingat kata-kata Bang Dedi Mizwar deh..
    “Bangkit itu….Takut
    Takut Korupsi
    Takut makan yang bukan haknya”

    Mudah-mudahan semangat reformasi yang didengungkan 10 tahun lalu juga termasuk reformasi mental dan nilai kejujuran ya…

  5. 5 mahasiswafkmui
    May 31, 2008 at 8:33 am

    jadi cuman diliat dari “kejujuran” ajah indikator tepat sasarannya??
    klo kata saya kita juga perlu liad kehidupan pribadinya, kita bisa liad barang-barang mewah yang dia miliki seperti laptop, HP mahal, dan juga kendaraan pribadi. apakah orang-orang yang punya LAPTOP yang kisaran harga sekitar 5-12 juta pantas punya SKTM? (SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU), bagi saya laptop masih menjadi kebutuhan tersier. sedangkan kita masih mahasiswa. kebutuhan laptop sebatas mengerjakan tugas. jadi menurut saya kita perlu mengetahui lebih dalam bagaimana keadaan sehari-harinya ‘mereka’.
    agar target “tepat sasaran” bisa tercapai. dalam mengetahui keadaan sesungguhnya kita bisa dapatkan dari teman-temannya atau tetangganya. memang, siapa sih yang gak butuh uang beasiswa??
    kasihan orang yang emang lagi butuh uang untuk keperluan penting tapi malah gak dapet, yang dapet malah orang-orang yang udh kebanyakan uang buat nambah uang duit lagi bukan nambah amal..

    ya sudahlah mbak, saya mengatakan hal ini cuman pengen tau ajah dengan apa yang ada disini.. hehehe gak ada maksud untuk ngomel-ngomel atopun bertindak anarkis hihehheheheh… terimakasih atas pelayanannya selama ini. kritik saran emg dibutuhkan banget oleh suatu sistem agar kita bisa tau dimana kelebihan kita dan kekurangan kita. ya kan kan kan… hohoho

    sekali lagi makasih ya mbak… cayoooo…!!!

  6. 6 mahalumfkmui
    June 3, 2008 at 1:23 am

    No, it’s fine n_n
    Semua masukan kami terima dengan terbuka dan dengan senang hati, kok.

  7. 7 rendra
    December 19, 2008 at 10:47 pm

    mbak, maaf sebelumnya saya sampaikan bahwa saya bukan mahasiswa kampus UI, klo boleh tahu,
    beasiswa PPA dan BBM itu kan pnyerahannya di bagi 2 termin, setiap 6 bulan sekali kan,
    nah, apakah klo mahasiswa sudah menerima termin 1 dari periode beasiswa januari 2008-juni 2008, apakah pasti menerima periode 2 (besiswa bln Juli-Desember 2008)?
    kalau ada kasus mahasiswa penerima BBM/PPA yang hanya mendapat beasiswa periode 1 saja, terus bagian beasiswa yang periode 2 di kemanakan?
    Apakah diberikan kepada mahasiswa penerima yang lain? kalau iya, berarti seharusnya ada pendaftaran penerima beasiswa lagi kan?
    terimakasih atas tanggapannya
    kalau bisa dkirim ke email saya juga ya mbak, terimakasiiih..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


salam mahalum

Hai, selamat datang di blog mahalum fkmui. Blog ini kami buat sebagai media informasi dan komunikasi mahasiswa dan alumni fakultas kesehatan masyarakat universitas indonesia. Sambil rehat di sela-sela perkuliahan ataupun pekerjaan anda, silakan lihat beragam kegiatan yang ada di fkm saat ini. Sst... jangan lewatkan pula tawaran beasiswa dan lowongan yang mungkin cocok buat anda. Oya, kontribusi berupa artikel maupun info menarik sangat kami harapkan, lho. Saran membangun juga oke. Silakan kirim ke email kami mahalumfkmui@gmail.com. Reward-nya? Wajah bahagia pembaca yang mampir n_n

Blog Stats

  • 40,200 hits

%d bloggers like this: